Jumat, 08 Juni 2012

Isi tangkiI Honda CBR 250

Pas lagi buka2 file komputer, ternyata masih ada informasi yang belum saya sampaikan ke mas bro sekalian. Yup…masih berkaitan dengan workshop bedah Honda CBR250R kemaren. Oke deh langsung aja qta lihat gambarnya di atas…dimulai dari tanda yang diberi panah paling kiri.
Panah Kiri itu pemecah gelombang. Menurut pak Endro Sutarno dari Astra Honda Training Center, “Sekat plat besi berfungsi mengurangi Noise pada tangki & berfungsi memecah ombak bensin di dalam tangki karena goyangan bensin bisa mengakibatkan suara & tidak stabilnya pelampung bensin. Naik turunnya pelampung akibat ombak bensin yang berlebihan akan menghasilkan ketidak akuratan petunjuk meter bensin”.
Selanjutnya adalah panah kanan. Bentuknya pipa & merupakan saluran pembuangan uap bensin ato saluran pernapasan tangki. Uap bensin tidak dibuang ke udara tapi dimasukkan ke dalam ruang pembakaran melalui alat yang bernama Canister. Oh ya, alat Canister ini tidak hadir di CBR250R versi lokal. Canister ditiadakan karena Indonesia masih menganut Euro 2. Istilahnya gak perlu pake Canister, CBR250R udah lolos Euro 2. Pak Endro Sutarno mengatakan cara kerja Canister yakni uap bensin dari dalam tangki akan keluar masuk kedalam tabung canister dan uap bensin dalam tabung akan dimasukan kedalam ruang bakar pada saat bersamaan langkah hisap yang diatur valve canister.
Canister