Senin, 30 April 2012

Hasil GP Spanyol dan Klasemen Sementara

Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, tampil impresif pada seri kedua MotoGP 2012 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (29/4/12). Dalam balapan selama 27 lap, Stoner mengalahkan rivalnya dari tim Yamaha, Jorge Lorenzo, yang juga pemegang pole position, untuk mengakhiri penantiannya meraih kemenangan GP Spanyol.

Dalam 10 penampilannya di Sirkuit Jerez mulai dari kelas 125 cc hingga kelas premier, Stoner belum pernah menjuarai balapan di Jerez. Tak heran jika juara dunia 2007 dan 2011 ini mengusung misi tersebut (jadi juara), dan itu bisa diwujudkannya meskipun dia start dari urutan kelima.

Sedangkan bagi Lorenzo, kekalahan ini tak cuma menggagalkan ambisinya mencetak hat-trick di depan publik sendiri (Lorenzo juara di Jerez pada 2010 dan 2011). Mantan juara dunia dua kali kelas 250 cc ini pun tak mampu menyamai prestasi Valentino Rossi, yang mampu memenangi dua seri pembuka kelas premier, yang dilakukannya pada tahun 2001 ketika masih bersama tim Honda.

Dengan kemenangan di Jerez, maka Stoner, yang finis di posisi ketiga pada seri pembuka, kini menduduki peringkat kedua klasemen sementara pebalap dengan total 41 poin. Dia tertinggal lima angka dari Lorenzo, yang memenangi seri pembuka di Qatar pada awal bulan ini. Posisi ketiga ditempati rekan setim Stoner, Dani Pedrosa, disusul duo Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso.
- Hasil GP Spanyol
Pos  Rider                     Team/Bike                        Time/Gap
 1.  Casey Stoner          Honda                              45m33.897s
 2.  Jorge Lorenzo         Yamaha                             + 0.947s
 3.  Daniel Pedrosa        Honda                               + 2.063s
 4.  Cal Crutchlow         Tech 3 Yamaha                  + 2.465s
 5.  Andrea Dovizioso    Tech 3 Yamaha                  + 18.100s
 6.  Alvaro Bautista        Gresini Honda                    + 21.395s
 7.  Stefan Bradl             LCR Honda                       + 28.637s
 8.  Nicky Hayden          Ducati                                + 28.869s
 9.  Valentino Rossi        Ducati                                + 34.852s
10.  Hector Barbera        Pramac Ducati                    + 35.103s
11.  Ben Spies                Yamaha                               + 38.041s
12.  Aleix Espargaro        Aspar Aprilia                      + 1m12.728s
13.  Danilo Petrucci         Ioda-Aprilia                        + 1m18.669s
14.  Mattia Pasini             Speed Master Aprilia          + 1m29.142s
15.  Ivan Silva                 Avintia Inmotec-Kawasaki   + 1m32.478s
16.  Colin Edwards         Forward Suter-BMW           + 1m40.577s
17.  Karel Abraham         Cardion Ducati                    + 1 lap

DNF:
Randy de Puniet   Aspar Aprilia                        25 laps
James Ellison     Forward Suter-BMW              24 laps
Michele Pirro     Gresini FTR-Honda                18 laps
Yonni Hernandez   Avintia FTR-Kawasaki          0 laps

- Klasemen sementara
Pos   Rider                      Team          Poin
1.    Jorge Lorenzo          Yamaha         45
2.    Casey Stoner            Honda          41
3.    Dani Pedrosa            Honda          36
4.    Cal Crutchlow          Yamaha         26
5.    Andrea Dovizioso     Yamaha         22
6.    Álvaro Bautista         Honda          19
7.    Nicky Hayden           Ducati          18
8.    Stefan Bradl              Honda          17
9.    Hector Barbera          Ducati          13
10.    Valentino Rossi        Ducati          13
11.    Ben Spies                Yamaha        10
12.    Aleix Espargaro        ART             5
13.    Colin Edwards         Suter             4
14.     Danilo Petrucci        Ioda              3
15.    Randy de Puniet       ART             3
16.     Mattia Pasini            ART             2
17.    Yonny Hernandez     BQR-FTR     2
18    Ivan Silva                  BQR-FTR     1

Senin, 23 April 2012

CBR 250 juarai IRS

Yup CBR 250R Kuasai Race IRS 250 cc Seri 1 April 22, 2012

ART#3
Bro sekalian, mulai dari freepractice, kualifikasi, sampai warming up tadi pagi sudah kelihatan superioritas CBR 250R di ajang IRS kelas Kejurnas 250 cc dibawah regulasi baru  . . . Yup Saat Race time sore dibawah cuaca mendung dengan tarmac agak basah Duo Pembalap Honda CBR 250R Denny Triyugo (23:52.002)  dan Wawan (23:52.140) podium 1 dan 2 diikutik pembalap Imanuel Pratna (24:11.140)  ..  podium satu dan dua sangat dekat cucuk cucuckan . . . jarak podium tiga  . . . sampe belasan detiiik . . . ediiyaaann . . .

Juara Junior Superbike
1.Ahmad siad #24 13:05.460
2.Yusuf Budi #57 13:08.389
3.Eric #17 13:13.734

Juara Ninja Race 150
1.Imanudin #3 16:21.722
2.Tommy Patria #24 16:27.737
3.Heru Susanto #82 16:37.350

Juara Rookies Cup 125
1.Reynaldi #171 21:07.648
2.Ricky Ananda Nafarin #25 21:16.761
3.Gerry Salim #8 21:30.495

Juara Premium Rookies Cup 125
1.Owie Nurhuda #21 20:20.781
2.Irwan Ardiansyah #75 20:29.277
3. Fedri Effendi #98 20:32.182

Juara CBR 250
1.Jafar Munir #216 16:09.062
2.Febrianus #128 16:09.476
3.Anggara Eka #27 16:32.927

Juara Superbike
1.Tunggal Aritonang #14 16:37.945
2.Moasel #7 16:56.443
3.Alvin Bone #35 17:01.415

Senin, 16 April 2012

OTOMOTIF award 2012

OTOMOTIF Award 2012

Honda CBR 250R Raih Bike Of The Year Otomotif Award 2012

OTOMOTIF Award 2012 digelar dengan kemasan yang berbeda. Bukan lagi disisipkan di tengah OTOBURSA Tumplek Blek, tapi digelar di Senayan City siang hari ini Rabu, 21 Maret 2012 (21/3).

Penghargaan kali ini diikuti oleh semua sepeda motor yang dijual massal pada periode Mei 2011 hingga Januari 2012. Jadi jangan kaget kalau beberapa motor baru belum tercatat. Seperti kehadian Honda Vario Techno 125 atau Yamaha Mio J.

"Tahun ini 5 aspek penilaian pada sepeda motor tetap digunakan yaitu; desain, performa, handling, fitur dan teknologi, konsumsi bahan bakar dan harga. Khusus untuk penghargaan bike of the year ditambahkan aspek kebaruan dan kemassalan," jelas Heronimus Girindra, ketua tim OTOMOTIF Award 2012.

Dan untuk kategori motor terbaik tahun ini, jatuh pada Honda CBR 250R sebagai Bike of the year 2012.

Sedang model-model terbaru di sepanjang periode pengetesan yang berhak atas penghargaan ini adalah Honda Spacy Helm In di kategori best skutik 100-115. Best of the best moge diisi oleh Kawasaki ER-6n. Rookie of the Year ditempati Yamaha Mio Fino.

Sementara kategori baru Gen Brani dibawa pulang Kawasaki Ninja 250R. Motor sport dua silinder ini mampu mewakili jiwa muda pemberani khas OTOMOTIF. (motorplus-online.com)

Best bebek 110-115: Honda Blade
Best bebek 125: TVS Rockz
Best bebek super: Suzuki Satria FU
Best skutik 100-115: Honda Spacy PGM-FI
Best skutik 125: Yamaha Xeon
Best skutik premium: Honda PCX
Best sport 125-135: Bajaj Pulsar 135
Best sport 150-180: Honda CBR 150R
Best sport 200-225: Yamaha New Scorpio Z Best sport 250: Honda CBR 250R
Best of the best bebek : Suzuki Satria FU
Best of the best skutik : Honda PCX
Best of the best sport : Honda CBR 250R
Best of the best dual purpose : Kawasaki D-Tracker 250
Best of the best moge : Kawasaki ER-6n
Gen Brani : Kawasaki Ninja 250R
Rookie of the Year : Yamaha Mio Fino

Bike of the year : Honda CBR 250R

Cara Mudah Tambah Suplai Bensin Injeksi Honda CBR 250

Tips Sistem Bahan Bakar

Pasang Piggyback TDR IFA, Cara Mudah Tambah Suplai Bensin Injeksi


Motor berteknologi injeksi kerap jadi momok buat yang suka ngoprek. Utamanya ketika harus menambah suplai bahan bakar. Misalnya sehabis ganti knalpot. Pada mesin berkarburator cukup ganti spuyer, sedang di mesin injeksi kudu pasang piggyback.

Dengan Piggyback, semprotan bahan bakar oleh injektor bisa ditambah dengan memberikan perintah pada ECM (Electronic Control Module). Sayangnya harga komponen penipu ECM ini enggak murah. Di pasaran paling murah berkisar Rp 2 jutaan. Tapi tenang, kini ada yang murah!

TDR baru saja memasarkan Injection Fuel Advance atau disingkat IFA. "Harganya cuma Rp 799 ribu,” beber Benny Rachmawan, R&D Mitra2000, pemegang merek TDR. Untuk sementara IFA ini hanya tersedia untuk injeksi Honda generasi 3. Seperti Honda CBR 150R, CBR 250R, Supra X 125 PGM-FI keluaran awal, Revo Techno AT dan PCX 150.

Pada Honda generasi 3, masih memiliki sensor manifold absolute pressure (MAP). Sensor MAP inilah yang dimanipulasi oleh IFA. MAP bertugas membaca tekanan udara yang masuk untuk kemudian dilaporkan ke ECM sebagai salah satu parameter menentukan jumlah semprotan bahan bakar.

"Kedepannya kita juga akan luncurkan untuk injeksi Honda generasi 4. Sekarang masih tahap pengembangan," lanjut Benny.
Hanya pin nomor 27, 4 dan 6 yang digunakan, pin nomor 27 untuk sensor manifold absolute pressure
Yuk langsung coba pasang di Honda CBR 250R. Setelah lepas cover bodi langsung ambil ECM. Lepas soketnya dan cari kabel MAP sensor. Kabel ini berwarna hijau muda/kuning atau nomor pin 27 di ECM. Potong kabel itu dan pasang secara seri dengan kabel IFA.

Dari MAP sensor, sambung dengan kabel putih, lalu yang masuk ECM ketemu kabel kuning. Jadi intinya, arus dari MAP sensor yang harusnya langsung ke ECM dibelokan terlebih dahulu ke IFA. Sedang untuk powernya, kabel positif berwarna merah dipararel dengan kabel kuning/merah atau pin 6 dari ECM. Yang hitam sebagai massa dipararel dengan kabel hijau/putih atau pin 4 dari ECM.
Seting cukup pakai obeng min
Kalau sudah terpasang tinggal setting. "Caranya simpel sekali, tidak butuh laptop hanya obeng minus saja," beber Benny yang berkantor di Lodan Center, Jakarta Utara ini. Setelah mesin menyala, tinggal putar kekanan untuk semprotan bensin makin banyak dan ke kiri kalau mau makin kering.

“Kalau mau lebih detail perlu Voltmeter. Bisa terlihat perubahan tegangannya," jelas pria bertubuh subur ini. Pada CBR 250R, saat dibaca pakai voltmeter, tegangan terendah terbaca 1,98 V dan tertinggi 2,95 V.

Ketika tegangan ada pada 2,95 V bau bensin dari knalpot sangat menyengat, bukti kalau semprotan bahan bakar dari injektor sangat kaya. Menurut Benny, untuk motor standar disetting pada 2,02 V sudah cukup enak. Tapi kalau sudah ganti knalpot boleh ditambah lagi.

Meski menawarkan kemudahan cara setting dan harga yang terjangkau, IFA hanya bisa mengatur jumlah semprotan secara general. Di putaran bawah dan atas dipukul rata, benar-benar mirip ganti spuyer pada karburator. (motorplus-online.com)  

Sabtu, 14 April 2012

Kopdar HONDA CBR club Bogor